Search Intent : Metrik Penting dalam SEO

search intent

Search Intent pada SEO

Hai, bertemu lagi dengan Saya Hidayat Mundana.

Praktisi SEO Indonesia sejak tahun 2011. Saat ini aktif mengelola salah satu Agency SEO Indonesia, Azhima SEO.

Hari ini saya ingin berbagi sesuatu yang sangat penting dalam
dunia SEO.

Apa itu ? Ya, Search Intent.

Search Intent adalah alasan seseorang menggunakan keyword tertentu untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Sejak tahun 2018 lalu search intent menjadi sesuatu yang sangat penting dan sering dijadikan bahan diskusi para praktisi SEO dunia seperti Neil Patel.

Dengan mengetahui search intent dengan baik. Ini akan
membantu kita untuk menulis konten yang tepat serta mengambil strategi SEO yang
tepat pula.

Secara umum, search intent dibagi menjadi 3 jenis. Pertama
informational, navigational serta transactional intent.

Baik, mari kita bahas satu persatu.

Navigational Intent

Search Intent tipe ini biasanya menggunakan kombinasi keyword
nama produk, nama toko, nama brand atau nama layanan tertentu.

Misalnya, anda ingin menggunakan Jasa SEO untuk meningkatkan peringkat website anda di mesin pencari. Dan kebetulan, beberapa bulan lalu anda sudah pernah menggunakan layanan salah satu Jasa SEO Indonesia, yakni SEO Elite Jakarta.

Karena anda puas, anda ingin menggunakan Jasa mereka lagi.

Anda pergi ke Google dan mengetikan keyword “SEO Elite Jakarta”, tujuannya untuk menemukan Agency SEO Elite, SEOElite.ID

Keyword “SEO Elite” kita sebut dengan Navigational Keyword.

Sama seperti seseorang mengetikan keyword “Jasa Catering
Lezato”. Frasa Lezato adalah brand salah satu penyedia Catering di Pekanbaru.

Informational Intent

Search intent berikutnya adalah Informational Intent.

Intent tipe ini biasanya mencari informasi yang berkaitan
dengan cara melakukan sesuatu, perbandingan layanan satu dengan yang lainnya.

Ini adalah fase terendah dari pengunjung anda. Lazim disebut
cold traffic.

Pada tahap ini, mereka mencari informasi yang super lengkap untuk
menemukan solusi dari masalah yang sedang mereka hadapi.

Misalnya, mereka punya masalah dengan ‘Air conditioner” yang
tidak dingin sama sekali. Kemudian mereka mencari tahu penyebabnya di internet.

Mereka mengetikan keyword “Kenapa AC tidak mau dingin”, maka
bermunculan hasil pencarian yang menjawab pertanyaan mereka tersebut.

Salah satu ciri konten untuk melayani pengguna tipe informational
ini adalah memiliki konten yang Panjang dan lengkap. Biasanya diatas 600 kata.

Jika anda ingin menargetkan user tipe ini, maka pastikan anda
membuat konten dengan jumlah kata yang Panjang, penjelasannya detail dan
lengkap.

Transactional Intent

Tipe intent yang terakhir adalah Transactional Intent.

Merupakan tipe pengguna yang sudah berada pada fase hot
traffic. Ciri mereka biasanya menggunakan keyword-keyword yang masuk pada
kategori Transactional.

Pengguna yang menggunakan keyword ini biasanya memiliki
intent untuk melakukan transaksi. Membeli dan menggunakan layanan tertentu.

Untuk pengguna tipe ini anda tidak perlu menyediakan konten
yang terlalu Panjang.

Karena, pada dasarnya mereka tidak mencari informasi. Tapi
mencari tempat untuk membeli produk yang ingin mereka gunakan.

Konten yang cocok untuk tipe pengguna ini adalah testimoni
pelanggan, daftar masalah yang bisa dipecahkan oleh produk dan lain sebagainya.

Intinya, anda harus menyediakan konten yang mendorong mereka
untuk segera membeli.

Kesimpulan

Tentunya kita berharap, dengan mengetahui dan memahami
search intent pengguna anda dengan baik akan membantu kita untuk menyediakan
konten yang sesuai.

Menyediakan konten yang sesuai tidak saja untuk meningkatkan
konversinya, tetapi juga akan membantu menaikan ranking di Google.

Karena, saat kontennya sesuai maka pengalaman pengguna akan bagus. Mulai dari CTR, Bounce Rate, Page View per session serta Dwell time.

Jangan lupa untuk terus mengevaluasi konten anda secara
berkala. Coba sesuaikan konten yang anda buat dengan daftar konten yang dominan
di SERPs Google, terutama Top 10.

Karena pada dasarnya, konten yang berada di Top 10 adalah
konten yang di inginkan oleh pengguna anda.

Semoga tulisan singkat terkait dengan Search Intent ini bisa
membantu kita semua.
Semoga sukses.

Leave a Reply